Jakarta, Selular. ID – XL Axiata menggandeng kongsi teknologi Solace, guna memaksimalkan pelaksanaan MyXL sebagai bagian dari pengoperasian program transformasi digital. Melalui praktik MyXL, operator ingin meningkatkan hubungan yang lebih baik dengan setiap pelanggannya. Dalam hal ini, Solace menyediakan teknologi event broker buat mendukung penyediaan real-time data flow.

Director & Chief Information-Digital Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan, “Kami terus berupaya untuk mengikuti perkembangan dengan menyediakan berbagai layanan dan kemahiran yang terbaik bagi para pelanggan. Kemitraan dengan Solace telah positif aplikasi MyXL untuk memenuhi tingkat permintaan di masa mendatang jadi lebih mudah terhubung dengan sistem dan mitra yang baru. Solace juga mendukung kami dalam ketersediaan layanan-layanan baru seperti 5G, teknologi jaringan yang segera menghadirkan bermacam-macam aplikasi generasi baru bagi para pelanggan. ”

Patuh Yessie, Indonesia termasuk negara secara jumlah pengguna Internet yang terbanyak di dunia. Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia sangat pesat, begitu pula dengan peningkatan trafiknya. XL Axiata berharap mampu memanfaatkan paksa tersebut dengan menciptakan peluang usaha baru dengan memaksimalkan aplikasi MyXL.

“Visi kami adalah membantu para klien agar itu terus meningkatkan portofolio layanannya secara mengandalkan real-time data. Kami bahagia bisa mendukung salah satu penyedia layanan telekomunikasi yang terkemuka pada Indonesia dalam transformasi digital itu, ” jelas Kent Nash, General Manager, Timur Tengah, Asia Pasifik & Jepang, Solace.

Penggunaan teknologi event broker lantaran Solace mendukung penyediaan real-time bukti flow antara aplikasi seluler serta microservice XL Axiata. Teknologi itu memungkinkan XL Axiata mampu memper aplikasi myXL yang lebih baik, responsif, dan memiliki fitur dengan komplit. Pada akhirnya, aplikasi tersebut juga akan bisa menghadirkan bervariasi pengalaman baru untuk pelanggan XL Axiata lewat kerja sama dengan terjalin dengan pihak restoran, hotel, dan lain-lain.

Sebelum menerapkan event broker technology lantaran Solace, aplikasi MyXL memiliki konstruksi service-oriented. Namun, XL Axiata kudu mengevaluasi kembali infrastruktur TI-nya biar dapat melayani lonjakan volume penggunaan data yang terjadi karena bilangan minat pelanggan dan masyarakat kepada video daring dan media sosial, juga karena harga paket internet yang lebih terjangkau.

Dengan menerapkan arsitektur event-driven, XL Axiata terbantu dalam menangani seluruh data transaksi yang terkait secara layanan data, lalu mendistribusikannya ke sejumlah sistem yang relevan melalui satu platform terpusat. Dengan sistem cloud-friendly yang mengintegrasikan berbagai bentuk dan cloud, XL Axiata saat ini lebih mudah terhubung dengan mitra-mitranya, serta memodernisasi infrastruktur analisisnya biar menjadi lebih real-time. Hasilnya, pengalaman pelanggan yang lebih tepat bahan dan personal dapat terwujud.

Kent Nash menambahkan, XL Axiata kini dapat menghadirkan servis data yang lebih baik bagi para pelanggan Indonesia. Kemitraan bersama-sama XL Axiata menjadi pencapaian pertama Solace di Asia Pasifik, serta pihaknya ingin terus mendukung lebih banyak perusahaan yang ingin melahirkan real-time responsiveness.