Jakarta, Selular. ID – Kebutuhan fotografi saat ini bisa terpenuhi hanya dengan sebuah smartphone. Hal tersebut karena tidak jarang vendor smartphone menyematkan konfigurasi lensa yang elok. Bahkan, brand teknologi sekelas Oppo, menambahkan dukungan berupa fitur fotografi dalam setiap perangkatnya.

Tentu saja, itu sangat positif dalam menghasilkan fotografi memukau. Makin, berkat sejumlah fitur fotografi itu, pengguna dimudahkan dalam memotret suatu objek tanpa perlu mengatur sedemikian rupa layaknya kamera DSLR.

Meski begitu, ada sebanyak hal yang perlu diperhatikan di menggunakan fitur kamera smartphone agar menghasilkan foto layaknya profesional. Tidak perlu khawatir, karena Selular kali ini akan mengulas tips memaksimalkan sifat fotografi smartphone untuk mendapatkan hasil foto bak professional.

Yuk simak tips fotografi smartphone berikut ini!

Kenali Objek

Sebelum memulai memotret dengan fitur yang ada, Kalian harus mendapati objek apa yang ingin diabadikan. Apalagi, setiap objek memiliki ujung pandang tersendiri yang bakal membuat nilai estetik yang berbeda dalam setiap sisinya.

Perhatikan Cahaya

Meski nanti Kalian bakal memakai fitur dari smartphone, unsur cahaya tak bisa dianggap sepele. Cahaya menjadi salah satu aspek pokok dalam fotografi yang perlu Kalian perhatikan. Apalagi, jika hanya mengandalkan pencahayaan yang ada tanpa corong tambahan apapun. Dalam situasi ini, Kalian bisa memanfaatkan cahaya lampu LED Flash di smartphone. Selain itu, perhatikan juga arah datangnya cahaya, agar gambar ‘back light’.

Kenali Fitur Fotografi Smartphone

Usai memperhatikan dua hal tadi, Kalian juga harus mengenali setiap fitur fotografi dalam smartphone. Di hal ini, Oppo selaku brand teknologi di Indonesia, menyematkan bermacam-macam fitur fotografi yang mampu menghasilkan foto bak professional. Misalnya, dalam perangkat Oppo Reno4 F.   Setidaknya ada 8 fitur Oppo Reno4 F yang berpunya menghasilkan fotografi memukau, berikut ulasannya:

  1. AI Color Portrait

Artificial Intelligence (AI) Color Portrait Mode merupakan popular yang menunjang fungsi pengisolasian warna pada menjepret, membuat latar belakang menjadi hitam serta putih sekaligus menjaga objek bani adam dalam warna yang sebenarnya. Sifat ini menampilkan warna yang benar jelas dan kontras sehingga mendirikan hasil foto terlihat seperti suatu karya seni yang akan menjelma tren di kalangan anak muda.

  1. AI Super Night Portrait

Fitur ini menjanjikan hasil memotret selfie yang jernih bahkan dalam malam hari. Cocok untuk mengambil foto selfie pada kondisi temaram seperti dalam sebuah bar atau di bawah lampu penerangan tiang. Didesain untuk kondisi cahaya hina, Reno4 F menggabungkan serangkaian algoritma AI termasuk HDR, yang secara instan menangkap dan menggabungkan kurang frame pada berbagai tingkat pencerahan; pengenalan wajah, dan penekanan highlight, yang mencerahkan foto potret tanpa mengekspos latar belakang secara berlebihan, buat menghasilkan bidikan potret yang bertambah cerah, lebih jelas, dan berkualitas lebih baik di malam hari.

  1. AI Night Flare Portrait

AI Night Flare Portrait bakal menghasilkan efek neon nan indah pada bagian background (latar belakang) objek foto orang. AI Night Flare Portrait menggabungkan efek bokeh dan algoritma HDR pada iluminasi rendah untuk mencerahkan foto dalam lingkungan dengan cahaya redup, sekali lalu menambahkan efek latar belakang bokeh. Buah ini akan terlihat hasilnya kala pengambilan foto dilakukan di tempat yang sarat dengan kelap-kelip lampu perkotaan, yang membuat objek memotret tampil lebih cerah.

  1. AI Super Clear Portrait

AI Super Clear Potrait akan meningkatkan detail pada saat mengambil foto bentuk. Reno4 F menggunakan teknologi rekonstruksi wajah yang dilengkapi degan sebuah kecerdasan buatan dan teknologi deep learning yang membuat detail wajah seperti alis dapat ditingkatkan ataupun direkonstruksi untuk memastikan foto bentuk yang lebih jelas.

Baca juga:   Andalkan Oppo Reno4 F Untuk Membuat Konten Video

  1. AI Beautification 2. 0

Merupakan fitur AI beautification generasi ke-2, yang telah disesuaikan untuk preferensi kecantikan dengan mempertahankan warna kulit alami tanpa menghilangkan detail.

  1. Dual Lens Bokeh

Untuk mencapai bokeh secara bidikan dengan banyak orang dalam satu frame dan juga dalam fungsi video, Reno4 F memakai solusi berbasis perangkat lunak & perangkat keras untuk menjalankan pemrosesan gambar dengan kedalaman pada Depth Camera 2MP dan kamera istimewa 16MP.

  1. Selfie Gestures

Mengambil gambar swafoto tanpa menggunakan juru bicara bantu agak cukup merepotkan. Makin menekan tombol shutter di layar dapat berpotensi menimbulkan guncangan kala berswafoto. Dengan selfie gesture, pas menunjukan tapak tangan kearah tustel, setelah terbaca, kamera akan menghtung mundur untuk mengambil swafoto.

  1. Air Gestures

Pengguna dapat menyambut panggilan tanpa menyentuh ponsel di dalam kondisi tangan dalam keadaan lepek ataupun berminyak saat makan secara menggunakan gerakan udara sejauh 20-50 cm dari ponsel, cukup secara melambaikan tangan ke atas mengaktifkan Air Gesture untuk menjawab seruan.