Jakarta, Selular. ID – Telecom Italia dikabarkan ingin mencoret kontrak dengan Huawei terkait memasok peralatan guna membangun bagian dari jaringan 5G perusahaan telekomunikasi di negara tersebut. Laporan ini dilansir melalui Reuters, pada Kamis (29/4/2021).

Andaikata rencana ini benar dilakukan oleh Telecom Italia, oleh karena itu ini bakal menjadi tangan besar bagi Huawei. Pasalnya, Telecom Italia merupakan salah satu klien terbesar Huawei di Eropa.

Perlu diingat, raksasa telekomunikasi Cina itu sebelumnya memang telah kehilangan beberapa bisnis sebab kalah dari pesaingnya, yaitu Nokia dan Ericsson.

Hal itu serupa terjadi ketika Amerika Konsorsium telah menekan sekutunya buat melarang peralatan Huawei daripada infrastruktur 5G mereka, secara alasan risiko keamanan nasional. Namun, di kawasan Eropa, hanya Inggris dan Swedia yang melarang Huawei memakai 5G.

Menangkap juga: Huawei Wireless Mouse GT Bakal Support Wireless Charging

Saat ini, laporan terbaru yang berputar dengan mengutip dari sumber yang mengetahui perkembangan tersebut, mengklaim bahwa Telecom Italia telah mengirim surat kepada Huawei yang menginformasikan niatnya untuk membatalkan kontrak. Perkembangan ini pertama kali dilaporkan oleh surat kabar Il Sole 24 Ore.

Sebelumnya, perusahaan Italia berencana untuk memberikan persetujuan kepada Huawei dan Ericsson. Sampai pada akhirnya, perusahaan tersebut membagi di jarang tiga perusahaan dengan membawa Nokia ke dalam afiliasi. Namun, sekarang nampaknya persetujuan akan dipecah antara Nokia dan Ericsson.

Huawei memang sudah dikeluarkan dari inti jaringan 5G yang digunakan untuk mencetak data sensitif. Perkembangan segar yang terkait dengan raksasa Cina itu muncul sesudah peninjauan kebijakan pasokan, tercatat analisis biaya dan kebaikan. Kita tunggu saja simpulan dari rumor yang mengancam perkembangan bisnis dari Huawei ini.

Tonton juga video di bawah ini: