Jakarta, Selular. ID – Kira-kira waktu yang lalu beredar kabar Huawei sedang mengerjakan beberapa PC desktop dan laptop dengan ditenagai oleh chip HiSilicon ARM-nya sendiri.

Kabar itu semakin serius dan mungkin bakal mewarnai produk komputasi di 2021, pasalnya berdasarkan informasi rahasia yang merembes di Weibo oleh seseorang yang dipercaya, membeberkan catatan yang melahirkan beberapa spesifikasi utama dari laptop Huawei terbaru, yang poin pentingnya ialah ditenagai oleh chipset Kirin 990 yang dipasangkan dengan RAM 8GB, SSD 512GB, dan adang-adang 1080p 14 inci. Laptop itu menjalankan Deepin OS 20 berbasis Linux tetapi transisi ke HarmonyOS akan dimungkinkan kedepan.

Baca juga:   Rebut Pangsa Pasar Huawei, Xiaomi Mengincar Bunga Modal $4 Miliar

Laptop itu sendiri diberi tanda Qingyun L410 dan diharapkan menjadi versi yang lebih murah dari MateBook 14. Ada juga jalan perangkat tersebut mendukung konektivitas 5G, mengingat SoC itu sendiri dilengkapi dengan modem 5G terintegrasi.

Yang pasti sebelum merosot luas ke pasar dunia, tak terkecuali di Indoneisa. Laptop itu pasti akan memasuki ke pasar Cina terlebih dahulu. Tak dipungkiri pasar laptop di era pandemi memang tinggi permintaan, dan secara tren penggunaan laptop untuk keinginan kerja atau belajar jarak jauh di 2021 masih sangat diminati.

Baca juga:   Selular Editor’s Choice 2020: Best Laptop Gaming

Sekedar gambaran, dua perusahaan yang menjelma pemimpin dalam pasar laptop setidaknya untuk tahun 2020, ialah Lenovo dan HP yang menguasai 50 persen pangsa pasar pada kuartal 2 2020. Menurut laporan, Lenovo menguasai 25 persen pangsa rekan dan menjadi nomor satu. Sedangkan HP menguasai 24, 8 tip pangsa pasar dan berada pada urutan kedua.

Pada sisi lain, brand seperti Dell, Apple dan Acer berada di urutan ketiga, keempat dan kelima dalam hal penjualan laptop ijmal. Pangsa pasar ketiganya adalah 15, 6 persen, 8, 5 komisi dan 6, 7 persen, bersandarkan kabar dari Gizmo China.