Jakarta, Selular. ID – Sony secara resmi mengumumkan penghentian aktivitas PlayStation Store untuk perangkat PLAYSTATION 3 dan PSP mulai 2 Juli 2021. Sementara buat PS Vita masih bisa bernafas sedikit lebih panjang hingga 27 Agustus 2021.

Meskipun layanan PlayStation Store untuk ketiga perangkat tersebut berakhir, namun pengguna masih tetap dapat melakuka berbagai hal.

Misalnya, pengguna masih bisa mengunduh dan memainkan judul game yang sudah dibeli sebelumnya, mengakses konten video/ media yang pernah dibeli, menukarkan voucher sport dan PS Plus, dan klaim judul game melalui PS Plus, selama masih berlangganan.

Dengan berakhirnya layanan dari PlayStation Store, maka pengguna ketiga perangkat tadi tidak akan lagi bisa membeli beragam konten game dan video digital.

Sebagai tambahan, pengguna tidak bisa lagi membeli item dalam online game, jika ada dana pada PSN Wallet, maka dana tersebut hanya bisa dipakai untuk membeli produk PS4 dan PS5.

Sony juga mengumumkan penghentian akses PlayStation Store melalui browser web dari PS1, PS2, PS3, PS Vita dan PSP. Kini PlayStation Store hanya berisi video game untuk PS4 dan PS5.

Penghentian layanan PlayStation Store untuk PS3 tentu sudah sewajarnya. Pasalnya konsol tersebut sudah berusia lebih dari 15 tahun dan kini tersedia penerusnya yang tentu jauh lebih canggih.

Situasi ini mungkin sedikit lebih buruk untuk PS Vita, dimana tidak setua PLAYSTATION 3. Sayangnya PS Vita juga tidak dapat memenuhi ekspektasi Sony untuk bersain di pasar konsol portabel.