Jakarta, Selular. ID – Sony merebut posisi teratas di pasar sensor gambar smartphone di dalam paruh pertama tahun ini secara pangsa pendapatan 44 persen, diikuti oleh Samsung Electronics dan OmniVision Technologies.

Pasar pengawasan gambar smartphone global yang dipimpin oleh Sony mencapai total pendapatan $ 6, 3 miliar dalam paruh pertama tahun 2020, patuh laporan oleh firma riset rekan Strategy Analytics.

Total pasar sensor gambar smartphone merekam pertumbuhan pendapatan 15 persen daripada tahun ke tahun pada Semester 1 2020. Samsung tetap berada di posisi kedua di pasar sensor gambar ponsel pintar global dengan pangsa pendapatan 32 persen. Namun perolehan Samsung semakin mendatangi Sony dari tahun ke tarikh.   Sementara OmniVision Technologies hak China berada di urutan ke-3 dengan 9 persen.

“Pasar sensor gambar didorong sebab permintaan yang tinggi untuk susunan multi-kamera yang menampilkan sensor gambar 2MP dan 8MP di smartphone dan selanjutnya didorong oleh pengiriman sensor piksel tinggi seperti pemeriksaan gambar 64MP dan 108MP di H1 2020, ” kata Jeffrey Mathews, Analis Senior di Strategy Analytics.

Lembaga riset yang berbasis di Boston, AS itu, menyebutkan bahwa pertumbuhan pasar sensor gambar diperlambat oleh buah pandemi pada pasar smartphone dengan keseluruhan.

Namun, paksa seputar sensor piksel tinggi & penggunaan beberapa kamera di smartphone diharapkan dapat membentuk jalur kemajuan yang kuat untuk pasar pengawasan gambar di semester kedua 2020.