Jakarta, Selular. ID – Sebelumnya Xiaomi telah meluncurkan produk laptop pertamanya secara luas. Kedua unit itu bernama Redmibook 15 dan INBook X1, dengan dimana laptop tersebut dibandrol sekitar Rp6 Jutaan.

Tidak menunggu lama, brand asal China itu pun dikabarkan sedang menyiapkan laptop terbaru. Petinggi kongsi telah mengunggah teaser yang menampakkan Mi Notebook anyar dengan keyboard backlit.

Gambar yang dibagikan Raghu Reddy, Chief Business Officer Xiaomi India, menunjukkan laptop dengan tampilan keyboard yang nampak menyala. Teaser turut menampakkan sebagian sebab layar Mi Notebook segar.

Gambar yang diunggah menunjukkan bentuk keyboard lebih luas pada mana bodi laptop terbuat dari logam.

Manu Kumar Jain, Managing Director Xiaomi India baru-baru tersebut mencuitkan mengenai acara perusahaan dalam waktu dekat yakni Mi Smarter Living 2022. Acara tersebut diperkirakan berlaku pada Agustus atau September mendatang. Spekulasi yang beredar menyatakan bahwa perusahaan dapat mengungkapkan beberapa produk kaya Mi Band 6, Perusak TV baru, dan produk IoT lainnya.

Disebutkan Gizmochina, bocoran lain mengklaim bahwa Xiaomi mampu saja turut mengenalkan laptop anyar di acara itu. Petinggi Xiaomi India mencuitkan “upgrade” atau peningkatan memikirkan Xiaomi sejauh ini belum pernah merilis laptop secara keyboard backlit di negeri tersebut. Laptop baru Xiaomi diharapkan membawa spesifikasi mengakui termasuk dukungan grafis dari Nvidia GeForce.

Berdasarkan bocoran dari leaker, Xiaomi diperkirakan bakal mengeluarkan dua laptop anyar yakni Mi Notebook Pro 14 dan Mi Notebook Ua 15. 6 di India. Prediksi spesifikasi dari Perusak Notebook Pro 14 merupakan layar LCD 14 inci (resolusi 2K), refresh rate 120 Hz, prosesor Core i7/i5 generasi ke-11, grafis Nvidia GeForce MX450, BINGKAI DDR4 16 GB, SSD NVMe 512 GB, dan baterai 56 Wh.

Sementara Mi Notebook Ua 15. 6 dirumorkan sebagai versi rebrand sejak Mi Notebook Pro China. Beberapa prediksi spesifikasinya yaitu layar OLED 15, enam inci (resolusi 3. 5 K), prosesor Core i7/i5 generasi ke-11, grafis Nvidia GeForce RTX 3050 Ti, RAM DDR4 32 GB, memori SSD 1 TB dan baterai 80 Wh. Dua laptop Xiaomi tersebut kabarnya siap dirilis pada India dalam waktu dekat. Masih belum diketahui terkait ketersediaan secara global tercatat ke Indonesia.

Baca Juga: Waktu Peluncuran dan Tampilan Xiaomi Perusak Pad 5 Terungkap

Seperti diketahui brand smartphone memang terlihat bernafsu menyiapkan amunisi baru, secara menyasar pasar laptop. Pasalnya pasar laptop diproyeksi bakal terus tinggi peminat di era pandemi ini di dorong penerapan gaya hidup baru. Berdasarkan laporan Canalys terdapat 82, 3 juta unit PC dan laptop yang berhasil dikapalkan dalam Q2 tahun 2021. Yang mana Lenovo menjadi produsen dengan memiliki market share terbesar yaitu sebesar 24, 3% dengan 20 juta unit perangkat yang berhasil itu kapalkan.

Sementara itu di posisi ke-2 ada HP dengan bagian pasar sebesar 22, 6%, lalu disusul oleh Dell (17%), Apple (7, 8%), Acer (7, 3%), dan brand-brand lainnya. Dan kebanyakan penjualannya juga didominasi oleh perangkat laptop ketimbang desktop.

Dan bagaimana peluang brand-brand spesialis smartphone, apakah bisa mendapatkan peluang untuk merebut pasar?