Jakarta, Selular. ID   – Pendapatan kuartal ketiga (Q3) perusahaan induk Google, Alphabet, meningkat 14 persen dari tahun sebelumnya, yang disokong oleh pendapatan iklan Google dan YouTube. Divisi periklanan Google mencatat pendapatan sebanyak $ 37, 1 miliar, meningkat dari $ 34 miliar tahun lalu. Perolehan iklan YouTube meningkat 30 tip dari $ 3, 8 miliar pada kuartal ketiga 2019.

YouTube dikutip dari The Verge, Jumat, (30/10) menghasilkan $ 5 miliar pendapatan iklan pada kuartal ketiga tahun 2020, tersebut juga menandakan pengiklan mulai berlahan kembali ke kebiasaan normal, sesudah pandemi Covid-19 melanda dunia.

Ruth Porat, CFO Alphabet dan Google mengungkapkan kebahagiaanya kepada pengiklan yang belakangan mulai muncul secara berlahan, “Kami senang dengan pengiklan yang sejauh ini betul-betul mengakitafkan anggaranya pada kuartal ketiga ini, ” kata Ruth Porat.

Baca juga:   Setelah Google, AS Segera Ejekan Tuntutan Anti Monopoli Terhadap Facebook

Hal ini selalu sebagai penanda bahwa konsumen mau tumbuh kembali seperti sedia kurun, seperti sebelum pandemi berlangsung, “Pertumbuhan berdasarkan waktu tonton yang berpengaruh di YouTube memungkinkan pengiklan era ini ingin lebih menjangkau pemirsa yang tidak dapat dijangkau dalam TV. Perusahaan juga telah melayani investasi dalam moderasi konten untuk memastikan kreator dan pengguna dalam YouTube memiliki pengalaman yang jauh lebih positif, ” lanjutnya.

Sementara itu CEO Om google Sundar Pichai dalam sebuah data juga menjelaskan pendapatan ini sangat kontras dengan kuartal kedua tahun 2020 yang cenderung mengecewakan, dalam mana pendapatan Google menurun buat pertama kalinya.

“Kuartal ini, Google kembali tumbuh, dengan pendapatan $ 46, 2 miliar pada kuartal ketiga, naik sebab $ 40 miliar tahun berantakan, dan laba bersih $ 11, 24 miliar, naik dari $ 7, 06 miliar tahun awut-awutan, ” ungkapnya.

Tatkala itu pada departemen Google lainya, yang menyangkut perangkat keras, layanan cloud dan play store memiliki pendapatan $ 5, 4 miliar, naik dari $ 4 miliar. Divisi Cloud Google memiliki penerimaan $ 3, 44 miliar, naik dari $ 2, 3 miliar tahun lalu, dan segmen Pencariannya memiliki pendapatan $ 26, 3 miliar, naik dari $ 24, 7 miliar.