Jakarta, Selular. ID – Sebelumnya ada wancana Instagram akan mempunyai versi untuk anak-anak, dengan dimana dimungkinkan mereka yang berada di bawah usia 13 tahun menggunakan maklumat berbagi foto tersebut dengan mandiri.

Tetapi nampkanya rencana itu tidak akan berjalan mulus, pasalnya koalisi 44 jaksa istimewa AS menandatangani surat pada CEO Facebook, Mark Zuckerberg yang tertanggal, Senin (10/5)  berisikan penolakan secara lengkap atas rencana perusahaan manusia besar teknologi tersebut.

Baca juga:   Kominfo: RUU PDP Diusulkan Tertib Batas Usia Anak ‘Main’ Medsos

Surat tersebut mencantumkan alasan dan mengutip penelitian yang menunjukkan bahwa Facebook tidak boleh meneruskan rencananya untuk menggelar dan memasarkan versi permintaan Instagram yang diklaim bakal ramah anak itu.

Di antara dalih yang tercantum dalam surat tersebut adalah, tentang memori buruk Facebook dalam menyimpan privasi dan data anak-anak di platform tersebut. Lalu berdasarkan penelitian juga menunjukan bahwa media sosial dapat berbahaya bagi anak-anak dalam tingkat fisik dan psikologis, anak-anak tidak memiliki pengetahuan yang berkembang sepenuhnya tentang privasi dan dapat dengan mudah ditargetkan oleh pemakan anonim, dan sebagian besar pengguna Instagram muda yang disurvei pernah mengalami hal demikian di dunia tanwujud.

Baca serupa:   Progres RUU PDP, Data Orientasi Seksual Tidak Diatur

Zaman ini, anak-anak di lembah 13 tahun tidak diperbolehkan memiliki akun Instagram kecuali secara eksplisit tertulis di deskripsi profil bahwa akun tersebut dikelola oleh karakter tua atau wali.

Kembali pada bulan Maret, Instagram merilis posting blog yang menunjukkan jalan melindungi anak di kolong umur di bawah 18 tahun di platform tersebut. Koalisi jaksa agung itu menganggap langkah itu tidak cukup, terlebih jika Instagram mulai mengundang pengguna yang bahkan lebih muda dari 13 tahun.