Jakarta, Selular. ID – Di era digital saat tersebut, hampir semua aktifitas pribadi menggunakan aplikasi. Super app menjadi aplikasi yang memutar banyak digunakan masyarakat dalam seluruh dunia, termasuk Nusantara.

Bagi dengan belum tahu, super app adalah aplikasi yang menyimpan semua layanan seperti layanan transportasi, antar dokumen, bayaran kebutuhan harian, pesan sasaran dan lainnya dalam satu platform. Bahkan semua transaksi, termasuk pembayaran bisa dilakukan dalam satu aplikasi istimewa app.

Salah satu super app, yang paling banyak digunakan masyarakat Nusantara adalah Grab. Ini benar dengan jumlah pengguna Grab di Indonesia selama tarikh 2020 lalu mencapai 21, 7 juta berdasarkan masukan We Are Social 2020-Digital 2020 Indonesia per Januari 2020. Data lain dari hasil survei Asosiasi Pengelola Jasa Internet Indonesia (APJII) periode 2019-kuartal II/2020 mendokumentasikan, 21, 3% responden sering menggunakan aplikasi Grab untuk bepergian.

Sekedar informasi, Grab berdiri di dalam tahun 2012 lalu pada Singapura dengan nama GrabTaxi, yang hanya menyediakan servis transportasi Taxi. Kemudian dalam tahun selanjutnya, Grab memper banyak layanan seperti GrabCar, GrabBike, GrabExpress, GrabFood, GrabMart, GrabKitchen, GrabKitchen, GrabHealth dan lainnya hingga saat itu. Di tengah wabah pandemi yang berkepanjangan ini, layanan GrabFood dan GrabHealth memutar banyak digunakan masyarakat Nusantara.

Baca juga: Inilah Daftar Pemenang Selular Award 2021

Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia Maret 2020 awut-awutan, selama tahun 2020, suruhan konsultasi kesehatan di maklumat GrabHealth powered by Good Doctor mencapai 10 seperseribu sehari saat pandemi corona. Dibandingkan sebelum pandemi, penggunaan layanan GrabHealth powered by Good Doctor melonjak tenggat 10 kali lipat. Situasi ini wajar saja, mengingat GrabHealth powered by Good Doctor menawarkan berbagai layanan kesehatan seperti konsultasi kesehatan tubuh langsung dengan dokter professional, membuat janji kunjungan dalam rumah sakit dan klinik terbaik di Indonesia, mengikuti bisa membeli obat dan produk kesehatan melalui bertambah dari 300 apotek sah berlisensi.

Selain GrabHealth, GrabFood juga menyesatkan banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk memesan makanan semasa pandemi di tahun 2020 lalu. Selama masa pandemi di tahun 2020, pembicaraan GrabFood naik sebesar 4% menurut riset Grab Analytics tahun 2020. Sementara jumlah makanan yang dipesan dalam sekali pemesanan (basket size) naik sekitar 7% semasa tahun 2020.

Grab Analytics menyebutkan bahwa masyarakat Indonesia lebih memutuskan makanan sehat dengan kenaikan jumlah pesanan sebanyak 7, 4% selama tahun 2020. Namun, masyarakat Indonesia tentu suka ngemil, dengan kemajuan jumlah pesanan snack sejumlah 15, 4%.

Makanan Ayam Goreng lestari menjadi menu terlaris selama masa kerja dari panti, diikuti oleh Es Model dan Aneka Mie. Meningkatnya pesanan GrabFood ini dikarenakan sejak diuncurkan tahun 2016 lalu, sampai saat tersebut GrabFood menghadirkan berbagai menu makanan dan promo memikat dari berbagai merchant.

Baca juga: Grab Sabet Penghargaan Best Everyday App di SA 2020

Hingga saat ini, Grab sudah tersedia di 125 kota di seluruh Indonesia, mulai sebab Aceh sampai Papua. Grab juga telah melakukan ekspansi di kawasan Asia Tenggara seperti Singapura, Filipina, Thailand, Vietnam, Myanmar, Kamboja, Vietnam, Indonesia, Malaysia, kawasan Timur Tengah, benua Asia & negara lainnya.

Atas kontribusi yang sangat besar kepada masyarakat Nusantara, Selular Network menobatkan Grab sebagai pemenang penghargaan Best Everyday App di ajang Selular Award 2021. Penghargaan tersebut diberikan Selular pada Grab berdasarkan hasi penghargaan panel tim redaksi & polling online yang melibatkan 878 responden dari beragam kalangan profesi, dan daripada berbagai wilayah di Nusantara. Sebelumnya, Grab juga dinobatkan sebagai Best Everyday App di Selular Award 2020 lalu.