Jakarta, Selular. ID – Google meluncurkan fitur di aplikasi Google Phone, untuk menghindari panggilan penipuan atau spam. Sifat itu adalah, Verified Calls, fitur berkemampuan untuk menampilkan nama, logo, dan alasan bisnis menelpon pemakai.

Fitur ini lulus berguna bagi masyarakat, tidak hanya untuk mengetahui penelpon, tapi selalu mengetahui jika panggilan perlu diterima.

Jelasnya, seperti dikutip Engadget, bila informasi antara panggilan dan aplikasi cocok, layar ponsel akan menampilkan ‘verified calls’. Kira-kira menit setelahnya, informasi tentang panggilan, nomor ponsel, logo, dan alasannya akan dihapus dari server Om google.

Untuk bisa memakai layanan itu, pengguna harus memiliki aplikasi Google Phone. Lalu, memper nomor ponsel dengan akun Google pengguna. Kemudian, masuk pengaturan buat menghidupkan fitur verified calls dengan default.

Namun, entitas bisnis atau korporasi pun harus mengirim informasi sebagai penelepon terverifikasi ke Google supaya fitur tersebut dapat digunakan.

Mengucapkan Juga: Google Kini Hapus Sejarah Lokasi Usai 18 Bulan

Google menyebut bahwa fitur ini akan aktif secara default, namun menggarisbawahi bahwa fitur itu memiliki sejumlah batasan di halaman dukungannya. Batasan tersebut termasuk bahwa Verified Calls mengandalkan bisnis secara proaktif menyediakan informasi ke Google.

Artinya, tidak seluruh panggilan telepon tanpa dukungan lencana terverifikasi merupakan panggilan spam. Google juga menyebut bahwa layanan ini hanya berfungsi pada aplikasi Om google Phone, artinya tidak akan tersedia di setiap ponsel Android.