Jakarta, Selular. ID – Guna menyimpan password secara aman, Dropbox menghadirkan pelaksanaan anyar dengan nama Dropbox Passwords.

Seperti dikutip Gadget Ndtv, aplikasi yang menyediakan layanan penyimpanan berbasis cloud sejenis Google Drive atau iCloud, Dropbox Password berfungsi untuk menyimpan password dengan aman.

Sama semacam aplikasi lain dengan layanan selaku, Dropbox Passwords dapat dipakai untuk membantu penggunanya mengingat password dengan digunakan, memudahkan saat sign-in pada sebuah situs web, hingga mampu digunakan di banyak perangkat.

Untuk mendukung keamanannya, praktik ini dilindungi dengan sistem enkripsi zero-knowlegde. Artinya aplikasi ini dapat menyimpan data pengguna tanpa pelajaran isinya, sehingga lebih aman apabila ada upaya peretasan.

Meski sudah tersedia di Om google Play Store, aplikasi ini masih berada dalam status Early Access. Artinya, walaupun aplikasi ini telah dapat diunduh secara gratis, pemakai yang ingin menjajalnya harus mendapat undangan terlebih dulu.

Baca Juga: Dropbox Tingkatkan Pengiriman File Hingga 100GB via Email

Kebijakan Dropbox meluncurkan Dropbox Password ini tergolong jantan. Pasalnya, pasar di segmen itu cukup ketat di mana sebanyak aplikasi lain juga menyediakan pertolongan serupa.

Sebut sekadar, Dashlane Password Manager, Lastpass Password Manager, Keeppass2Android Password Manager, 1Password dan Google Password Manager. Namun hingga sekarang, belum diketahui pustaka aplikasi ini akan rilis secara umum.

Sebelumnya, Dropbox telah meningkatkan layanannya dengan mengeluarkan fitur Dropbox Transfer. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengirim susunan hingga ukuran 100 GB hanya dengan beberapa langkah saja. Peningkatan ini menghadirkan kapasitas lebih besar dari sebelumnya. Yakni lima kali lebih besar dibanding penyedia hosting data lain saat ini. Uniknya, penerima e-mail tidak perlu memiliki akun Dropbox untuk menerima file.

Untuk menggunakan sifat tersebut, pengguna cukup seret dan taruh data untuk diunggah dari komputer atau tambahkan beberapa dengan sudah ada di Dropbox. Setelah itu, muncul tautan yang dapat ditempel di mana saja. Nantinya, penerima bisa menerima salinan file yang telah dikirim lewat e-mail.

Dropbox Transfer ini juga memungkinkan pengguna menambahkan, membetulkan, atau menghapus kata sandi, serta mengatur tanggal kedaluwarsa. Ada serupa notifikasi yang akan memberi cakap kapan file diterima dan berapa kali tautan diakses.

Pengirim juga bisa mengirimkan e-mail yang dibuat langsung secara otomatis dari Dropbox Transfer. Nantinya, penerima bisa menerima salinan file yang telah dikirim tanpa harus mempunyai akun Dropbox untuk membukanya.