Jakarta, Selular. ID – Mark Gurman seorang leaker, & Debby Wu, eksklusif terakhir dari Bloomberg sebelumnya melahirkan bahwa Apple telah menghapuskan rencana untuk memperkenalkan pembaca sidik jari Touch ID dalam layar untuk rangkaian iPhone 13.

Seperti diketahui, selama kira-kira tahun, iPhone hanya menjunjung pembukaan kunci dengan face ID. Namun, karena virus Covid-19, mengharuskan beberapa karakter untuk selalu memakai masker, sehingga sulit untuk mengambil kunci iPhone

Permasalahan ini pun diselesaikan oleh Apple yang merancang fitur baru untuk positif pengguna membuka kunci iPhone dengan cepat saat menggunakan masker. Oleh karena tersebut, sebagian besar pengguna Apple menantikan pengenalan kembali fitur Touch ID di iPhone 13. Di awal tahun, ada laporan bahwa Apple iPhone 13 series kemungkinan akan menggunakan teknologi Touch ID.

Hal ini pun seperti kian diperjelas, kabar terbaru Apple telah mendaftarkan paten yang berhubungan dengan sebuah rancangan ide baru dari lupa satu fitur yang nantinya akan ada di berbagai macam gadget mereka.

Jelasnya, paten terbaru Apple ini terkait secara konsep ide terbaru sifat Touch ID. Apple sendiri mendaftarkan paten terbaru itu ini di United States Patent and Trademark Office (USPTO). Kini baru saja, konsep ide Apple terpaut perubahan penyematan fitur Touch ID telah diterima paten-nya oleh USPTO dan Apple resmi mendapatkan hak paten dari konsep ide itu.

Konsep cita-cita yang ada di paten Apple terbaru berhubungan dengan perubahan penyematan fitur Touch ID. Singkatnya Apple menyimpan sebuah konsep ide untuk menyematkan fitur Touch ID di dalam layar.

Tentunya, ini adalah sebuah hal yang terakhir lantaran selama ini Touch ID letaknya ada pada tombol Home maupun di bagian tombol atas. Rencananya, konsep ide Touch ID di dalam layar itu akan diwujudkan oleh Apple dan akan diterapkan dalam hampir semua gadget besutan mereka, terutama iPhone dan iPad. Lebih lanjut, selain paten konsep ide sifat Touch ID di dalam layar, disaat bersamaan USPTO juga menerima paten Apple lainnya. Lebih jelasnya, USPTO pun telah meresmikan paten Apple lain terkait sifat Face ID di pada layar.

Mengaji Juga: Apple Siapkan iPhone Layar Lipat 3 Tarikh Lagi

Dengan diterimanya konsep ide tersebut, maka rencana Apple untuk menghilangkan Notch di iPhone dan iPad akan bisa diwujudkan. Hal tersebut lantaran sampai sekarang, Face ID letaknya ada di periode Notch dan jika Face ID diubah letaknya menjadi dalam layar, maka Apple bisa menghilangkan Notch iPhone dan iPad.

Hingga detik tersebut, Apple belum memberikan penjelasan resmi kapan mereka mau mulai menerapkan konsep pendapat fitur Touch ID & Face ID di dalam layar tersebut. Informasi lain menuturkan Apple kemungkinan akan berangkat melakukan hal itu pada tahun 2022 mendatang.
Tepatnya di seri iPhone 14, Apple akan menyematkan fitur Touch ID dan Face ID untuk mula-mula kali di seri smartphone tersebut. Meskipun begitu, hal ini sifatnya masih rumor karena belum adanya bahan pasti dari Apple.